MEMBIMBING SEPENUH HATI INSAALLAH MELAHIRKAN GENERASI YANG RELIGIUS, BERKEPRIBADIAN, CERDAS, KREATIF, DAN BERPRESTASI

Kamis, 04 April 2013

Pentingnya Membaca




إِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِىْ خَلَقَ
MEMBACA mungkin bagi kebanyakan orang pada zaman sekarang ini merupakan kegiatan yang paling membosankan. Daripada harus pergi ke perpustakaan dan membaca buku demi mendapatkan informasi, orang lebih memilih pergi ke pusat perbelanjaan, wisata kuliner atau kegiatan lain yang bersifat rekreasi. Padahal membaca merupakan jendela dunia, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca. Karena, membaca dapat memperluas wawasan kita. Orang yang tidak pandai tapi sering membaca adalah lebih baik daripada orang yang pandai tapi tidak pernah membaca. Karena membaca dapat melatih otak untuk terus berpikir karena dimasukkan berbagai informasi yang bermanfaat.

Dalam sejarah Islam, membaca merupakan amanat pertama kerasullan Muhammad saw dengan diturunkan Surat Al ‘Alaq di gua Hira sebagai perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril untuk membaca (iqro), hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan membaca dalam islam.
Dikatakan bahwa “A Room without books is like a body without a soul.” Ruangan tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa. Ungkapan tersebut menegaskan bahwa tubuh ini tidaklah berjiwa jika kita tidk membaca, Hal ini semakin menegaskan bahwa betapa pentingnya membaca, terutama bagi generasi muda. Kenapa harus generasi muda? Karena generasi muda merupakan cikal bakal pemimpin negeri ini. Harry Truman mengatakan “Not every is a leader, but a leader must be a leader” Tidak setiap kutu buku adalah pemimpin, namun setiap pemimpin pasti kutu buku. Jadi, apa jadinya negeri kita ini jika pemimpinnya tidak menjadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu hendaknya budaya membaca dimulai dari generasi muda terlebih dahulu. Namun bukan berarti kalangan lain tidak diharuskan membaca, karena membaca merupakan kebutuhan kita semua untuk menuju masa depan yang berkualitas. (berbagai sumber)

Kegiatan Reading Together Siswa-siswi SMP IT Rohimana di salah satu pusat perbelanjaan, sebagai cara mendorong siswa senang membaca. Program membaca didesain menarik, tidak membosankan dan memotivasi siswa untuk mencari pengetahuan lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar