MEMBIMBING SEPENUH HATI INSAALLAH MELAHIRKAN GENERASI YANG RELIGIUS, BERKEPRIBADIAN, CERDAS, KREATIF, DAN BERPRESTASI

Rabu, 25 April 2012

Pengelolaan


SMP IT ROHIMANA Insaalah dengan Motivasi dan Dukungan Serta Doa Semua Pihak Akan Melaksanakan Hal-Hal Berikut :

  1. Lingkungan sekolah dirancang nyaman, selesa (spacious), asri, bersih, sehat, sopan, ramah, akrab, dan demokratis.
  2. Tersedia sarana yang cukup untuk menunjang proses pembelajaran, baik lab sains, bahasa, dan Komputer.
  3. Kurikulum di SMP IT ROHIMANA DEPOK dirancang dengan sepenuhnya mengacu kepada perspektif yang benar mengenai tujuan pendidikan, yakni menyiapkan anak-anak kita agar menjadi manusia-manusia yang berhasil dan hidup sejahtera.
  4. Sebagai sekolah Islam, bukan saja pelajaran agama mendapatkan perhatian penting, mata pelajaran ini dilakukan dengan mengacu kepada perbaikan akhlak.
  5. SMP IT ROHIMANA DEPOK tidak menuntut siswa menghafal kecuali sebatas minimum materi yang memang membutuhkan hafalan, seperti Aritmatika, rumus-rumus tertentu, bacaan shalat, doa-doa, dan sebagainya
  6. Guru ditempatkan sebagai fasilitator untuk mendukung perkembangan siswa
  7. Guru-guru yang merupakan lulusan-lulusan terbaik dari berbagai perguruan tinggi terkemuka, terlatih, committed terhadap pekerjaannya, kreatif, penuh dedikasi, dan memiliki kasih sayang kepada anak-anak
  8. Menerapkan pendekatan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang mengakui kepemilikan berbagai kecerdasan yang berbeda-beda setiap siswa, untuk kemudian menggali dan mengembangkannya.
  9. Kegiatan belajar yang didesain agar siswa dapat menyerap informasi dengan mudah, yaitu dengan cara bergerak dan bekerja, serta praktik (hands on learning).
  10. Setiap pembelajaran diupayakan dengan menggunakan alat peraga visual. Hal ini dimaksudkan agar proses balajar melibatkan ke-tiga gaya-belajar : auditorial, visual, dan kinestetik (berorientasi gerak)
  11. Untuk mendukung hal di atas, kelas dirancang sedemikian rupa sehingga tak memiliki “arah muka” demi menciptakan impersi bahwa fokus kelas adalah seluruh siswa, bukan guru, dan siswa lebih aktif.
  12. Kelas diatur dan dihias secara meriah dan bervariasi dengan berbagai alat peraga, termasuk hasil karya siswa, demi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi lahirnya kreativitas dan kepercayaan diri siswa.
  13. Proses pembelajaran diselenggarakan secara kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa lebih mudah menangkap dan juga terlatih untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan kebutuhan-kongkretnya.
  14. Ruang belajar sama sekali tak dibatasi pada ruang kelas. Melainkan juga seluruh lingkungan sekolah, baik yang dekat maupun yang jauh. Karya wisata merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kurikulum sekolah.
  15. Siswa dilatih untuk mencintai buku, dengan program reading toghether wajib membaca setiap hari.
  16. Siswa dilatih agar memiliki kemampuan menulis, dengan program writing.
  17. Memberikan perhatian khusus, selain kepada aspek kognitif (konseptual), juga kepada aspek-aspek afektif (emosi dan sikap) dan psikomotorik (praktik dan kebiasaan).
  18. Memberi perhatian besar kepada Tekhnologi Informasi (Information Tekhnologi, IT), serta menyediakan berbagai sarana informasi (komputer, internet).
  19. Penerapan secara bertahap bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.
  20. Menjalin komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa agar tujuan pendidikan bisa dicapai secara maksimum
  21. Manajemen SMP IT ROHIMANA DEPOK diselenggarakan secara professional sesuai standar-standar yang diterpakan di setiap organisasi dan usaha yang baik, termasuk dalam bidang administrasi, pengembangan SDM (HRD), dan umum (general affrais)
  22. SMP IT ROHIMANA DEPOK mengadakan kajian-kajian kitab Salafussholihin. 
  23. Orang tua siswa setiap bulan akan dilibatkan dalam tarbiyah, mengadakan kajian dan taushiyah sehingga tidak hanya mendidik anak/siswa di sekolah, tapi juga mendidik orang tua yang di rumah.

1 komentar: